Rabu, 29 Juni 2011

LOMBA DUNIA MAYA- DI DUNIA MAYA

AKU DI DUNIA MAYA

Tentang Dunia Maya.Untukku sangat luas deskripsi dan artinya.Dunia maya adalah duniaku,khususnya facebook,twitter,dan blog.

Facebook,semakin lama waktu berjalan penggunya semakin melimpah ruah akupun semakin jatuh cinta padanya.Banyak hal yang bisa kulakukan di sini,bahka aku mendapat apa yang ku cari selama ini.Di dunia maya juga inilah tempatku melepas sepi.

Bertemu teman-teman yang menyenangkan.Disini aku dan mereka saling bercerita banyak tentang hal yang sama-sama kami sukai.Tak jarang kami saling bertukar informasi,sehingga melengkapi pengetahuanku tentang hal itu.Juga, bercanda ria dan aku tak merasa kesepian lagi.

Di dunia maya juga aku menemukan minatku dan berujung pada penemuan tujuan hidupku (yang semula terasa bimbang).Awalnya secara tidak sengaja aku menemukan sebuah fanfiction di note facebook salah satu teman.Aku yang tidak memiliki hoby membaca sama sekali,tiba-tiba tertarik untuk membaca fanfiction itu sampai tuntas,karena ceritanya sangat menarik.Dari satu kemudian dua,tiga dan selanjutnya aku menjadi ketagihan membaca.Saat itu aku mulai menyadari kalau dunia sastra itu sangatlah indah.

Dari kebiasaan membaca itu,perlahan-lahan aku mulai tertarik untuk mencoba menulis sendiri.Menulis? Kata itu tidak pernah aku tertulis dalam kamus hidupku,apa lagi membayakan akan menyukai hal ini.Tidak sama sekali.

Agar bisa menulis sebuah fanfiction yang diposting di note facebook,tentu perlu sebuah laptop atau PC agar bisa panjang hasil tulisan di postingan itu.Tapi aku hanya punya ponsel saja.,tragisnya pula aku tidak memiliki pengalaman apapun dalam hal menulis,hanya keinginan kuat ingin menulis yang ada di hati dan fikiranku saat itu.

Ntahlah,bagaimana rasa malu atau tidak percaya diri memperlihatkan karya kita ke orang lain,tidak ada dibenakku.Bermodalkan nekad,aku menulis untuk pertama kali seumur hidupku.Jangan ditanya bagaimana hasilnya,jawabannya sudah pasti yaitu 'Hancur'.Tapi seolah aku menutup mata tentang hal itu,aku tetap mempostingnya di note facebook. Dengan per part terpecah menjadi 1a,1b,bc dan selanjutnya (karena jumlah karakter melalui ponsel sangat terbatas),ini agar cerita fanfiction ber-part seperti cerbung dapat rapi,walaupun tidak serapi kalau dipost lewat PC atau laptop.

Hanya sedikit yang merespon fanfic-ku diawal-awal.Aku tak berkecil hati karenanya,tetap seperti sebelumnya.Menutup mata dan nekad.Seiring waktu berjalan respon dari teman-teman facebook juga ikut bertambah.Ada kritikan dan ucapan semangat untuk terus berkarya dengan lebih baik.Ya,dari banyaknya komentar-komentar (yang beraneka ragam isinya) itulah aku menjadi bersemangat untuk terus berkarya.Setelah beberapa bulan berjalan ahirnya ada yang berkata 'Aku selalu menunggu fanfic-mu',aku gembira ketika mendengarnya. Motivasiku untuk menulis terus bertambah,tentu ini tak terlepas dari respon teman-teman di facebook yang telah mengkritik dan menyemangatiku.

Disaat itu secara tidak sengaja aku menemukan sebuah page dimana page itu tengah mengadakan lomba menulis novel.Tiba-tiba aku terfikir untuk ikut,karena antara membuat fanfiction(yang kubuat) tidak berbeda jauh dengan novel.Lagi-lagi bermodalkan nekad,aku mengirim naskah itu.Dan kalah.Tentu saja,karena saat itu aku tak tahu kalau kaidah EYD itu diterapkan (dalam fanfiction cenderung bebas).Dari situlah aku mulai belajar lagi dari awal,ku biasakan diriku menulis dengan menerapkan kaidah EYD di tulisanku.Aku terus mengasah kemampuan menulisku dengan mengikuti lomba-lomba menulis di facebook seperti cerpen,puisi atau sejenisnya juga menulis fanfiction seperti biasa.Lelah pasti,karena aku tidak menulis di laptop ataupun PC tetapi dari ponsel yang aku post di note facebook kemudian di-edit menjadi satu baru dikirim ke alamat yang tertera di pengumuman lomba atau kalau tidak begitu aku menyimpannya di flashdisk dulu.Jadi harus bolak balik ke warnet.Aku tidak menggerutu terus tapi tersenyum karena aku melakukannya dengan senang hati,karena aku menyukainya.

Sampai detik ini untuk kesekian kali aku mengikuti lomba memang belum berhasil sama sekali,dan aku sadar selain memang saingan lomba adalah para senior yang sudah merasakan lama asam manisnya dunia tulis-menulis dan hebat pula,juga ilmu yang kumiliki belumlah seberapa.Aku masih anak bawang disini.Boleh dibilang aku terlambat datang ke dunia menulis ini,setahun lalu tepatnya ketika usiaku 17 tahun aku mengenal fanfiction itu dan beberapa bulan kemudian barulah mulai belajar menulis.Aku tidak peduli dibilang cerewet karena aku selalu bertanya banyak soal menulis pada ahlinya yang kebetulan kutemukan di facebook.Aku berterima kasih pada mereka karena mereka mau berbagi ilmunya pada anak bawang sepertiku.Juga bertanya tentang pengalaman mereka di awal-awal menulis,bagaimana menghadapi rintangan sampai ahirnya berhasil atau setidaknya beberapa langkah lagi berhasil.Ntah anggapan mereka seperti apa,tapi aku hanya ingin tahu.Dan alhamdulillah ada seorang penulis yang memasukanku kedalam grub untuk berdikusi seputar menulis di facebook,disitu aku banyak membaca dan mendapat tambahan ilmu dari materi yang diberikan admin dan komentar para anggota grub itu.Satu persatu materi itu aku terapkan dalam menulis.Dan memperbanyak jam terbang menulis dengan menulis yang di post-kan di facebook dan blog.Agar bisa menghasilkan karya yang baik nanti.

Dari semua itu aku mulai berfikir tentang hoby.Aku memiliki hoby yang konsisten sekarang yaitu menulis.Walaupun baru,aku mencintai menulis dengan sangat dalam.Bersamaan dengan itu aku mulai menyukai pelajaran akuntansi.Seperti terkonsep begitu saja,aku ingin mengambil kuliah (mencari beasiswa kemungkinan) jurusan akuntasi (dan bekerja menjadi seorang akuntan),disisi lain aku bercita-cita bisa menulis novel yang terbit dan dibaca oleh banyak orang.

Ya,dari dunia maya facebook inilah aku menemukan sesuatu yang selama ini jauh dari anganku.Menemukan sesuatu yang benar-benar terasa pas untuk hatiku.Aku mencurahkan perasaanku juga disini ketika di dunia nyata tidak ada tempat untuk bercerita.Dunia maya seolah menjadi duniaku,semua setara tidak ada kata 'si miskin' atau 'si kaya'.Disini aku merasa lebih dihargai oleh teman dari pada di dunia nyata.Sering aku dikucilkan di lingkungan Aku tidak setuju kalau banyak orang mengakatakan 'facebook itu berbahaya'.Itu bisa jadi benar,namun semua tetap kembali pada pemiliknya.Kalau digunakan untuk hal negatif tentu hal negatif yang didapat,begitupun sebaliknya.Banyak sekali manfaat yang kudapat dari facebook,hanya sedikit negatifnya yang kudapat.

Dunia Maya adalah patner hidupku.

----
Yanti Minhyanti,kelahiran Kediri,23 Juni 1993.Sedang belajar dan bermimpi menjadi seorang penulis.
FB : Minhyan-ssi
Twitter : @minhyan_YJreal

1 komentar: